Program Intensive Training on E-Journal Management Tahun 2020

A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?

Training intensif ini memberikan tutorial tentang manajemen pengelolaan e-journal ilmiah secara online menggunakan Open Journal System (OJS) dan manajemen pengelolaan Editorial dan substansi artikel untuk persiapan akreditasi jurnal di ARJUNA dan pengindeksan (Batch 31, 33, dan 34 di tahun 2020).

Mulai tahun 2019, training ini juga memberikan Paket 3 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science)). Paket 3 ini hanya ada di Batch 30 dan Batch 32 di tahun 2020.

Lihat jadwal training di sini: https://training.bcrec.web.id/jadwal-tentatif-training-tahun-2020-5-batch/

Tautan Form pendaftaran Online di sini: https://goo.gl/4315pO

Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI JURNAL NASIONAL (berdasarkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 dan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL BEREPUTASI.

Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.

openaccessPeserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam (13 jam) per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.


B. Syllabus Training on E-Journal Management:

B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS) dan Persiapan Akreditasi ARJUNA). Paket 1 ini hanya ada di Batch 31, 33 dan 34 di tahun 2020.

  1. Standar Website E-Journal sesuai Akreditasi dan Best Practice of Transparency (COPE) dan Evaluasi Kesiapan Akreditasi (dari segi Penilaian Manajemen) di ARJUNA
  2. Panduan dan Workshop Terpandu Setup Website Jurnal Menggunakan Open Journal System, Membuat Statistik Pengunjung Unik, Mengelola MastHead/Editorial Board/Peer-Reviewer, dan Badge Open Access License/Copyright
  3. Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal
  4. Panduan Submit Manuskrip dan Revisi Manuskrip Menggunakan Open Journal System (as Author)
  5. Panduan Review Manuskrip Menggunakan Open Journal System (as Reviewer) dan Cara Unggah Dokumen Review untuk Terbitan yang Sudah Terbit.
  6. Panduan Mengelola Manuskrip Sebagai Editor Menggunakan Open Journal System (as Editor/Section Editor)
  7. Panduan Manajemen DOI (CrossRef) Menggunakan Open Journal System (as Journal Manager)
  8. Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SCOPUS, Thomson)
  9. Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal di ARJUNA.
  10. Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif.

B.2. Paket 2 (Penyuntingan Isi Artikel dan Layout, Standar Penulisan Artikel Ilmiah, Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah, dan Etika Publikasi dan Plagiarism). Paket 2 ini hanya ada di Batch 31, 33 dan 34 di tahun 2020.

  1. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi Jurnal di ARJUNA dari sisi Kualitas Isi Artikel dan Pedoman Akreditasi Jurnal tahun 2018
  2. Standar Kualitas/Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Jurnal Internasional
  3. Etika Publikasi dan Plagiarism
  4. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (Microsoft Publisher)
  5. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Libre Office atau Latex
  6. Teknik dan Panduan Penyuntingan (Bahasa dan Substansi Isi) Artikel Jurnal Ilmiah
  7. Strategi Memilih dan Menilai Kualitas Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
  8. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
  9. Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmi
  10. Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA V2.0 (http://arjuna2.ristekdikti.go.id)
  11. Praktek dan Workshop

B.3. Paket 3 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science)). Paket 3 ini hanya ada di Batch 30 dan Batch 32 di tahun 2020.

  1. Kriteria Jurnal Internasional Menurut Pengindeks Internasional Bereputasi Tinggi (Scopus dan Web of Science).
  2. Principles of Transparency and Best Practice in Scholarly Publishing (Standar Minimal Website Jurnal Ilmiah menurut Standar COPE)
  3. Klausul-klausul Pernyataan Etika Publikasi dalam Jurnal Ilmiah Sesuai Standar COPE.
  4. Kriteria dan Parameter Penilaian Indeksasi Jurnal di Scopus dan Web of Science
  5. Tatacara dan Prosedur Pendaftaran Indeksasi di Scopus dan Web of Science.
  6. Penamaan Jurnal Ilmiah dan Kebijakan-kebijakan Penting Journal Untuk Pemenuhan Persyaratan Pengindeks Scopus dan Web of Science.
  7. Standar dan Kriteria dan Strategi Merekrut Pemilihan Editor in Chief, Associate (Handling) Editor, dan International Editorial Board.
  8. Standar, Kriteria, dan Strategi Merekrut Peer-Reviewer Potensial dari Diversitas Internasional.
  9. Standar, Kriteria, dan Strategi Merekrut Penulis Potensial dari Diversitas Internasional.
  10. Panduan Peningkatan Kualitas Jurnal melalui Standarisasi Kerja Tim Editor dan Standarisasi Kerja Peer-Reviewers.
  11. Strategi Peningkatan Jumlah Sitasi Jurnal oleh Jurnal yang Bereputasi Tinggi Terindeks.
  12. Menjaga dan Membuktikan Keberkalaan (Regularity) Terbitan Jurnal Internasional.
  13. Kriteria dan Standar Kerjasama Jurnal Ilmiah dengan International Conference.
  14. Parameter-parameter Monitoring Kinerja Jurnal Ilmiah (h-index, SJR, SNIP, CiteScore, dan Journal Impact Factor).
  15. Proses Penilaian Jurnal di Scopus oleh CSAB.
  16. Proses Penilaian Jurnal di Web of Science.
  17. Strategi Pengembangan Article In Press Issue, In Progress Issue, dan Spesial Issue Jurnal Ilmiah.
  18. Pemeriksaan Similaritas Untuk Mengetahui Potensi Unsur-unsur Plagiat.
  19. Pendampingan Teknis Aplikasi OJS untuk Pemenuhan Standar Website Jurnal Internasional

ojs2ojs


C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2020

  • newTraining E-Journal Batch 30 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (17-18 Maret 2020)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 31 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA) dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah) :
    • Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (14-15 April 2020) 
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 32 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
    • Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (14-15 Juli 2020)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 33 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (8-9 September 2020)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 34 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (17-18 November 2020)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id

    **) Jumlah Peserta per Batch dibatasi minimum 10 orang / batch per paket dan maksimum 20 orang / batch per paket.

     


D. Prosedur Pendaftaran Training

  1. Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Tahun 2020 Secara Online dan memilih Batch serta Paket training di: https://goo.gl/4315pO
  2. Calon Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran atau konfirmasi keikutsertaan.
  3. Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran.
  4. Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..
  5. Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi Pembayaran melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training dan diberikan Daftar Acara Training.

E. Instruktur Berpengalaman

Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:

  1. Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
  2. Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  3. Prof. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
  4. Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  5. Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Editor Jurnal, Kepala Pusat Publikasi LPPM Undip)
  6. Dr. Anang Wahyu Sejati, ST, MT (Editor Jurnal)
  7. Dr. Luqman Buchori, ST, MT (Editor Jurnal)
  8. Wahyu Setiadi, S.Kom., M.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)

F. Alamat Kontak Training

Training Division, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Semarang, Indonesia 50275; Telp./WA/SMS: 081316426342; E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: https://training.bcrec.web.id


OJS

254 comments

    1. Terima kasih kontaknya Bapak, untuk sementara ini masih Pandemi COVID-19 jadi batch yang mungkin adalah Batch 33 (Selasa – Rabu (8-9 September 2020) atau Batch 34 (Selasa – Rabu (17-18 November 2020) sambil menunggu perkembangan lebih lanjut. Jika oke, akan kami emailkan undangan/tawaran untuk kedua batch tersebut pak. Bisa juga Batch 33 untuk Manajemen tatakelola, sedangkan batch 34 untuk Kualitas Artikel Ilmiahnya.
      Mohon konfirmasinya

  1. apakah untuk pelatihan BATCH KHUSUS Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks Scopus/Web of Science) bisa diikuti oleh jurnal yang sudah shinta 2 dan berencana ingin terindeks scopus??
    terimakasih

        1. Baik terima kasih admin,
          Mohon untuk bisa mengirimkan lagi undangan lengkap beserta biaya trainingnya paket 1 dan paket 2 bulan novemver 2019 ke email rfauzi86@gmail.com atas nama Rizana Fauzi S.T., M.T.
          terima kasih admin di tunggu

Leave a Reply