Program Intensive Training on E-Journal Management Tahun 2019

A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?

Training intensif ini memberikan tutorial tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Open Journal Syojs3stem (OJS) untuk keperluan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online dan menyeluruh. Mulai tahun 2016, training ini juga memberikan tutorial (Paket 2) tentang penyuntingan artikel jurnal ilmiah (bahasa dan isi artikel), layouting artikel jurnal menggunakan MS Publisherlayouting artikel jurnal menggunakan Latex, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI JURNAL NASIONAL (berdasarkan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL BEREPUTASI.

Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.

openaccessPeserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam (13 jam) per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.


B. Syllabus Training on E-Journal Management:

B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS)):

  1. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi ARJUNA dan Standar Pengelolaan Portal E-Journal, dan Pedoman Akreditasi Jurnal tahun 2018
  2. Teknik/Praktek Setup Dasar Website jurnal Menggunakan Open Journal System Versi 2.4.x atau Versi 3.x.x; Membuat Profil Sitasi Google Scholar; Menyusun Tim Pengelola Jurnal (Editor dan Mitra Bestari) dan melengkapi CV-nya; Membuat Badge Open Access License; dan Membuat Tool Statistik Pengunjung Unik, dan lain-lain paling tidak memenuhi kebutuhan akreditasi jurnal nasional.
  3. Teknik/Praktek Pengelolaan dan Manajemen Issue/Volume Jurnal Menggunakan Open Journal System
  4. Teknik/Praktek Mengunggah Fulltext Back Issues Jurnal dan Melengkapi Dokumen Review-nya Menggunakan Open Journal System (khusus untuk artikel yang sudah terbit tetapi masih offline atau manual).
  5. Teknik/Praktek Mengelola Pengguna atau Users (Journal Manager, Editor/Section Editor, Reviewer, Author, Subscriber) di Open Journal System
  6. Teknik/Praktek Author Submit Online and Tracking Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
  7. Teknik/Praktek Review Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
    Teknik/Praktek Pengelolaan Editor secara Online (memutuskan (diterima/ditolak) naskah yang sudah direvisi; dan Mempublikasi ke dalam Volume/Nomor Terbitan Tertentu) Menggunakan Open Journal System
  8. Teknik/Praktek Mengelola Layout Editing or Proof/Galley Correction setelah naskah Accepted Menggunakan Open Journal System
  9. Teknik/Praktek Pendaftaran dan Pengelolaan Digital Object Identifier (DOI) dan Cara Export XML untuk diregistrasikan ke CrossRef melalui Plugin Open Journal System
  10. Teknik/Praktek Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal
    Setup, Instalasi, Security System, dan Manajemen Software Open Journal System (OJS) di server web
  11. Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA V2.0 (http://arjuna2.ristekdikti.go.id)
  12. Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SINTA, SCOPUS, dan/atau Web of Science)
  13. Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif.

B.2. Paket 2 (Penyuntingan Isi Artikel dan Layout, Standar Penulisan Artikel Ilmiah, Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah, dan Etika Publikasi dan Plagiarism):

  1. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi Jurnal di ARJUNA dari sisi Kualitas Isi Artikel dan Pedoman Akreditasi Jurnal tahun 2018
  2. Standar Kualitas/Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Jurnal Internasional
  3. Etika Publikasi dan Plagiarism
  4. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (Microsoft Publisher)
  5. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Libre Office atau Latex
  6. Teknik dan Panduan Penyuntingan (Bahasa dan Substansi Isi) Artikel Jurnal Ilmiah
  7. Strategi Memilih dan Menilai Kualitas Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
  8. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
  9. Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmiah
  10. Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA V2.0 (http://arjuna2.ristekdikti.go.id)
  11. Praktek dan Workshop

B.3. Paket 3 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science)):

  1. Kriteria Jurnal Internasional Menurut Pengindeks Internasional Bereputasi Tinggi (Scopus dan Web of Science).
  2. Principles of Transparency and Best Practice in Scholarly Publishing (Konten Minimal yang Harus Ada di Website Jurnal Ilmiah?
  3. Klausul-klausul Pernyataan Etika Publikasi dalam Jurnal Ilmiah Sesuai Standar COPE.
  4. Kriteria dan Parameter Penilaian Indeksasi Jurnal di Scopus dan Web of Science dan Tatacara Pendaftaran Indeksasi di Scopus dan Web of Science.
  5. Penamaan Jurnal Ilmiah dan Kebijakan-kebijakan Penting Journal Untuk Pemenuhan Persyaratan Pengindeks Scopus dan Web of Science.
  6. Standar dan Kriteria Pemilihan Editor in Chief, Main Handling Editor, International Editorial Board, dan Peer-Reviewer.
  7. Strategi dan Tips Merekrut Peer-Reviewer dan Penulis Potensial dari Diversitas Internasional.
  8. Strategi Peningkatan Jumlah Sitasi Jurnal oleh Jurnal yang Bereputasi Tinggi Terindeks.
  9. Menjaga dan Membuktikan Regularity Terbitan Jurnal Internasional.
  10. Kriteria dan Standar Kerjasama Jurnal Ilmiah dengan International Conference.
  11. Parameter-parameter Kinerja Jurnal Ilmiah (h-index, SJR, SNIP, CiteScore, dan Journal Impact Factor).
  12. Proses Penilaian Jurnal di Scopus oleh CSAB dan Penilaian Jurnal di Web of Science.
  13. Strategi Pengembangan Spesial Issue Jurnal Ilmiah.
  14. Pemeriksaan Similaritas Untuk Mengetahui Potensi Unsur-unsur Plagiat.
  15. Pendampingan Teknis Aplikasi OJS untuk Pemenuhan Standar Website Jurnal Internasional

 

ojs2ojs


C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2018

Jadwal dan Tempat Training Tahun 2019

  • newTraining E-Journal Batch 25 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (5-6 Maret 2019)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 26 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola Open Journal System (OJS)) dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah) :
    • Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (7 – 8 Mei 2019)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 27 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
    • Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (9-10 Juli 2019)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 28 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola Open Journal System (OJS)) dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (3 – 4 September 2019)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
  • newTraining E-Journal Batch 29 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola Open Journal System (OJS)) dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
    • Waktu PelaksanaanSelasa – Rabu (26 – 27 November 2019)
    • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id

**) Jumlah Peserta per Batch dibatasi minimum 10 orang / batch per paket dan maksimum 20 orang / batch per paket.


D. Prosedur Pendaftaran Training

  1. Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Tahun 2019 Secara Online dan memilih Batch serta Paket training di: https://goo.gl/4315pO
  2. Calon Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran atau konfirmasi keikutsertaan.
  3. Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran.
  4. Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..
  5. Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi Pembayaran melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training dan diberikan Daftar Acara Training.

E. Instruktur Berpengalaman

Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:

  1. Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
  2. Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  3. Prof. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
  4. Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  5. Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Editor Jurnal, Kepala Pusat Publikasi LPPM Undip)
  6. Dr. Anang Wahyu Sejati, ST, MT (Editor Jurnal)
  7. Dr. Luqman Buchori, ST, MT (Editor Jurnal)
  8. Wahyu Setiadi, S.Kom., M.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)

F. Alamat Kontak Training

Training Division, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Semarang, Indonesia 50275; Telp./WA/SMS: 081316426342; E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: https://training.bcrec.web.id

 


OJS

131 comments

        1. insya Allah ada untuk tahun 2019. Silakan selalu pantau website kami: https://training.bcrec.web.id
          Untuk tahun 2019, ada 3 kelas yang akan dibuka, yaitu: Paket 1: tentang manajemen tatakelola ejournal sesuai akreditasi ARJUNA dan indeksasi; Paket 2: tentang penguatan kualitas substansi artikel, penyuntingan artikel dan tata layout jurnal; dan akan membuka kelas baru yaitu dua batch khusus tentang program pengembangan jurnal internasional terindeks bereputasi. Silakan selalu pantau website kami.

  1. Yth. Prof. Mohon kirim undangan ditujukan ke Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, tembusan ke Kepala UPT. Perputakaan Univ. Nusa Cendana Kupang. Trimaksih.

    1. insya Allah segera diemailkan. Paket 1 dan Paket 2 dilaksanakan paralel di ruangan terpisah. Oleh karena itu, jika sebuah jurnal ingin ikut kedua paket, sebaiknya ada dua orang, yang bagian teknis OJS ikut Paket 1 dan Editor ikut di Paket 2. Thanks

  2. Mohon dikirimkan undangan pelatihan OJS bulan Agustus 2018 (Tim IT dan Pengelola Jurnal).
    Surat ditujukan kepada:
    Direktur Politeknik Negeri Madura,
    Jl. Raya Taddan Km. 4 Camplong, Sampang.

    Terima Kasih

Leave a Reply