Program Intensive Training on E-Journal Management Tahun 2018

 

A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?

Training intensif ini memberikan tutorial tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Open Journal Syojs3stem (OJS) untuk keperluan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online dan menyeluruh. Mulai tahun 2016, training ini juga memberikan tutorial (Paket 2) tentang penyuntingan artikel jurnal ilmiah (bahasa dan isi artikel), layouting artikel jurnal menggunakan MS Publisherlayouting artikel jurnal menggunakan Latex, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI JURNAL NASIONAL (berdasarkan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL BEREPUTASI.

Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.

openaccessPeserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam (13 jam) per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.


B. Syllabus Training on E-Journal Management:

B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS)):

  1. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi ARJUNA dan Standar Pengelolaan Portal E-Journal .
  2. Teknik/Praktek Setup Dasar Website jurnal Menggunakan Open Journal System; Membuat Profil Sitasi Google Scholar; Menyusun Tim Pengelola Jurnal (Editor dan Mitra Bestari) dan melengkapi CV-nya; Membuat Badge Open Access License; dan Membuat Tool Statistik Pengunjung Unik, dan lain-lain paling tidak memenuhi kebutuhan akreditasi jurnal nasional.
  3. Teknik/Praktek Pengelolaan dan Manajemen Issue/Volume Jurnal Menggunakan Open Journal System
  4. Teknik/Praktek Mengunggah Fulltext Back Issues Jurnal dan Melengkapi Dokumen Review-nya Menggunakan Open Journal System (khusus untuk artikel yang sudah terbit tetapi masih offline atau manual).
  5. Teknik/Praktek Mengelola Pengguna atau Users (Journal Manager, Editor/Section Editor, Reviewer, Author, Subscriber) di Open Journal System
  6. Teknik/Praktek Author Submit Online and Tracking Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
  7. Teknik/Praktek Review Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
    Teknik/Praktek Pengelolaan Editor secara Online (memutuskan (diterima/ditolak) naskah yang sudah direvisi; dan Mempublikasi ke dalam Volume/Nomor Terbitan Tertentu) Menggunakan Open Journal System
  8. Teknik/Praktek Mengelola Layout Editing or Proof/Galley Correction setelah naskah Accepted Menggunakan Open Journal System
  9. Teknik/Praktek Pendaftaran dan Pengelolaan Digital Object Identifier (DOI) dan Cara Export XML untuk diregistrasikan ke CrossRef melalui Plugin Open Journal System
  10. Teknik/Praktek Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal
    Setup, Instalasi, Security System, dan Manajemen Software Open Journal System (OJS) di server web
  11. Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA (http://arjuna.ristekdikti.go.id)
  12. Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SINTA, SCOPUS, dan/atau Web of Science)
  13. Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif.

B.2. Paket 2 (Penyuntingan Isi Artikel dan Layout, Standar Penulisan Artikel Ilmiah, Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah, dan Etika Publikasi dan Plagiarism):

  1. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi Jurnal di ARJUNA dari sisi Kualitas Isi Artikel.
  2. Standar Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Jurnal Internasional
  3. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (MS Publisher)
  4. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Latex
  5. Teknik dan Panduan Penyuntingan (Bahasa dan Substansi Isi) Artikel Jurnal Ilmiah
    Etika Publikasi dan Plagiarism
  6. Strategi Memilih dan Menilai Kualitas Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
  7. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
  8. Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmiah
  9. Praktek dan Workshop

ojs2ojs


C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2018

  • newTraining E-Journal Batch 20:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (6-7 Maret 2018)
    • Tempat Pelaksanaan: Oak Tree Emerald Hotel (****), Semarang, Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 21:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (8 – 9 Mei 2018)
    • Tempat Pelaksanaan: Oak Tree Emerald Hotel (****), Semarang, Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 22:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (7-8 Agustus 2018)
    • Tempat Pelaksanaan: Oak Tree Emerald Hotel (****), Semarang, Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 23:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (2 – 3 Oktober 2018)
    • Tempat Pelaksanaan: Oak Tree Emerald Hotel (****), Semarang, Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 24:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (4 – 5 Desember 2018)
    • Tempat Pelaksanaan: Oak Tree Emerald Hotel (****), Semarang, Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com

**) Jumlah Peserta per Batch dibatasi minimum 10 orang / batch per paket dan maksimum 20 orang / batch per paket.


C. Biaya Registrasi Training dan Fasilitas Training

Biaya Registrasi Training adalah: 

  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket 1 saja
  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket 2 saja

Biaya registrasi dibayarkan melalui transfer bank ke rekening yang akan diinformasikan di Leaflet/Undangan atau Invoice.

Biaya Registrasi tersebut sudah termasuk:

  • Training Kit, meliputi: tas training, materi-materi training dalam bentuk cetak dan/atau CD, ballpoint, pensil, dan blok note.
  • Sertifikat Training
  • Biaya akomodasi (twin sharing room) selama training berlangsung (2 hari 1 malam) dan/atau (3 hari 2 malam), sudah termasuk: penginapan, 1 kali breakfast, 3 kali coffee break, 1 kali lunch, dan 1 kali dinner per paket.
  • Biaya tersebut tidak termasuk biaya perjalanan dan taksi.
  • Akses hotspot selama training berlangsung (Catatan: Panitia tidak menjamin kecepatan akses hotspot di hotel, sehingga peserta diperbolehkan membawa modem sendiri)
  • User Login account DEMO OJS untuk keperluan training

D. Prosedur Pendaftaran Training

  1. Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Tahun 2018 Secara Online dan memilih Batch serta Paket training di: https://goo.gl/4315pO
  2. Calon Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran atau konfirmasi keikutsertaan.
  3. Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran.
  4. Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..
  5. Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi Pembayaran melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training dan diberikan Daftar Acara Training.

E. Instruktur Berpengalaman

Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:

  1. Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
  2. Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  3. Prof. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
  4. Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Editor Member)
  5. Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Editor Jurnal, Kepala Pusat Publikasi DRPM Undip)
  6. Anang Wahyu Sejati, ST, MT (Editor Jurnal)
  7. Luqman Buchori, ST, MT (Assistant Editor)
  8. Wahyu Setiadi, S.Kom., M.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)

F. Alamat Kontak Training

Training Division, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Semarang, Indonesia 50275; Telp./WA/SMS: 081316426342; E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: https://training.bcrec.web.id

 


OJS

102 comments

  1. Mohon dikirimkan undangan pelatihan OJS bulan Agustus 2018 (Tim IT dan Pengelola Jurnal).
    Surat ditujukan kepada:
    Direktur Politeknik Negeri Madura,
    Jl. Raya Taddan Km. 4 Camplong, Sampang.

    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.