Program Intensive Training on E-Journal Management Tahun 2017

ojs3

A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?

Training intensif ini memberikan tutorial tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Open Journal System (OJS) untuk keperluan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online dan menyeluruh. Mulai tahun 2016, training ini juga memberikan tutorial tentang penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.  Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI TERBITAN BERKALA ILMIAH NASIONAL (berdasarkan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL.

Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.

openaccessPeserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.

Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.


B. Syllabus Training on E-Journal Management:

B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS)):

  1. Standar Dasar Pengelolaan Portal E-Journal sesuai Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah dan Indeksasi Bereputasi Internasional
  2. Teknik/Praktek Setup Dasar Website jurnal Menggunakan Open Journal System; Membuat Profil Sitasi Google Scholar; Menyusun Tim Pengelola Jurnal dan Melengkapi CV-nya; Membuat Badge Open Access License; dan Membuat Tool Statistik Pengunjung Unik.
  3. Teknik/Praktek Pengelolaan dan Manajemen Issue/Volume Jurnal Menggunakan Open Journal System
  4. Teknik/Praktek Mengunggah Fulltext Back Issues Jurnal dan Melengkapi Dokumen Review-nya Menggunakan Open Journal System
  5. Teknik/Praktek Mengelola Pengguna atau Users (Journal Manager, Editor/Section Editor, Reviewer, Author, Subscriber) di Open Journal System
  6. Teknik/Praktek Submit and Tracking Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
  7. Teknik/Praktek Review Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
  8. Teknik/Praktek Pengelolaan Editorial (memutuskan (diterima/ditolak) naskah yang sudah direvisi; dan Mempublikasi ke dalam Volume/Nomor Terbitan Tertentu) Menggunakan Open Journal System
  9. Teknik/Praktek Mengelola Layout Editing or Proof/Galley Correction setelah naskah Accepted Menggunakan Open Journal System
  10. Teknik/Praktek Pendaftaran dan Pengelolaan Digital Object Identifier (DOI) dan Cara Export XML untuk diregistrasikan ke CrossRef melalui Plugin Open Journal System
  11. Teknik/Praktek Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal
  12. Setup, Instalasi, Security System, dan Manajemen Software Open Journal System (OJS) di server web
  13. Strategi dan Teknik Persiapan Pendaftaran Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Nasional melalui ARJUNA (http://arjuna.ristekdikti.go.id)
  14. Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SCOPUS, atau Thomson)
  15. Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif

B.2. Paket 2 (Penyuntingan, Strategi Penulisan, dan Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah serta Etika Publikasi dan Plagiarism):

  1. Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional
  2. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (MS Publisher, Adobe InDesign, atau Corel Draw, atau MS Word)
  3. Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Latex
  4. Teknik dan Panduan Penyuntingan Substansi Artikel Jurnal Ilmiah
  5. Etika Publikasi dan Plagiarism
  6. Strategi Memilih Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
  7. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
  8. Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmiah
  9. Praktek dan Workshop

ojs2ojs


C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2017

  • newTraining E-Journal Batch 15:
  • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (28 Februari – 1 Maret 2017)
  • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel, Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, telp. +62 2486010888, http://www.grandedge-smg.com/id-id/
  • newTraining E-Journal Batch 16:
  • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (9 – 10 Mei 2017)
  • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel, Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, telp. +62 2486010888, http://www.grandedge-smg.com/id-id/
  • newTraining E-Journal Batch 17:
  • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (1 – 2 Agustus 2017)
  • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel, Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, telp. +62 2486010888, http://www.grandedge-smg.com/id-id/
  • newTraining E-Journal Batch 18:
  • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (10 – 11 Oktober 2017)
  • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel, Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, telp. +62 2486010888, http://www.grandedge-smg.com/id-id/
  • newTraining E-Journal Batch 19:
  • Waktu Pelaksanaan: Paket 1 dan/atau Paket 2: Selasa – Rabu (5 – 6 Desember 2017)
  • Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel, Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, telp. +62 2486010888, http://www.grandedge-smg.com/id-id/

**) Jumlah Peserta per Batch dibatasi minimum 10 orang / batch per paket dan maksimum 20 orang / batch per paket.


C. Biaya Registrasi Training dan Fasilitas Training

Biaya Registrasi Training adalah: 

  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket 1 saja
  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket 2 saja

Biaya registrasi dibayarkan melalui transfer bank ke rekening yang akan diinformasikan di Leaflet/Undangan atau Invoice.

Biaya Registrasi tersebut sudah termasuk:

  • Training Kit, meliputi: tas training, materi-materi training dalam bentuk cetak dan/atau CD, ballpoint, pensil, dan blok note.
  • Sertifikat Training
  • Biaya akomodasi selama training berlangsung (2 hari 1 malam) dan/atau (3 hari 2 malam), sudah termasuk: penginapan, 1 kali breakfast, 3 kali coffee break, 1 kali lunch, dan 1 kali dinner per paket.
  • Biaya tersebut tidak termasuk biaya perjalanan dan taksi.
  • Akses hotspot selama training berlangsung (Catatan: Panitia tidak menjamin kecepatan akses hotspot di hotel, sehingga peserta diperbolehkan membawa modem sendiri)
  • User Login account DEMO OJS untuk keperluan training

D. Tatacara Pendaftaran Training

  1. Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Tahun 2017 Secara Online di: https://goo.gl/4315pO
  2. Calon Peserta memilih jadwal/batch training yang diinginkan di pendaftaran online.
  3. Calon Peserta akan mendapatkan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran.
  4. Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran. .
  5. Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..
  6. Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training.

E. Instruktur Berpengalaman

Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:

  1. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
  2. Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  3. Prof. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
  4. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Editor Member)
  5. Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Editor Jurnal, Kepala Pusat Publikasi DRPM Undip)
  6. Sariffuddin, MT (Editor Jurnal)
  7. Luqman Buchori, ST, MT (Assistant Editor)
  8. Wahyu Setiadi, S.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)

F. Alamat Kontak Training

Training Division, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Semarang, Indonesia 50275; Telp./WA/SMS: 081316426342; E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: http://training.bcrec.web.id

 


OJS

82 comments

  1. saya dari pusat IT dan masih baru di lingkungan akademik perguruan tinggi, dan kebetulan ditunjuk oleh lembaga untuk menghandle operasional Pengelolaan OJS yang nantinya akan digunakan di kampus kami. Saya awam sekali mengenai operasional journal ini, kira-kira paket mana yang cocok untuk saya?mohon kirimkan undangan atau leaflet untuk pengajuan ke lembaga .terima kasih

        1. Untuk memulai, silakan dari paket 1 dulu tentang manajemen tatakelola ejournal menggunakan OJS, kemudian bisa dilanjut di batch berikutnya untuk paket 2 tentang penyuntingan substansi artikel dll.

  2. Saya tertarik untuk menulis akademik. Dan saya bukan pengelola jurnal. Jika saya pilih paket 2 akan mendukung keterampilan saya dlm menulis? Terimakasih

    1. Insya Allah bermanfaat, materi untuk Paket 2:
      Materi 1: Standar dan Gaya Selingkung Portal E-Journal sesuai Akreditasi TBI Elektronik dan Sosialisasi Sistem Informasi Akreditasi ARJUNA
      Materi 7: Teknik dan Panduan Menyunting Substansi Artikel untuk Jurnal Ilmiah
      Materi 4: Teknik Layout Artikel Jurnal Ilmiah Menggunakan Aplikasi (MS Publisher) dan Fasilitas Formatting dengan Style
      Materi 6: Cara Memilih dan Menilai Jurnal Nasional/ Internasional sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
      Materi 5: Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi LATEX
      Materi 2: Pedoman Standar Kualitas Artikel dan Strategi Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional/Internasional
      Materi 3: Etika Publikasi dan Plagiarism
      Materi 8: Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley/Zotero) pada Penulisan Ilmiah

    1. Paket 1 dan Paket 2 dilaksanakan secara paralel pada waktu bersamaan di ruangan terpisah. Untuk dapat kedua materi disarankan satu jurnal mengirim dua orang yang satu ikut Paket 1 (manajemen tata kelola OJS) dan satu lagi ikut Paket 2 (kualitas substansi artikel dan penyuntingan artikel jurnal). Jika tidak, satu bisa ikut di kedua paket tetapi di lain batch.
      Undangan akan segera diemailkan. thanks

  3. saya masih pemula dalam penulisan Jurnal dan belum mempunyai no ISSN apakah saya dapat mengikuti seminar ini?

  4. Selamat malam, saya muhammad azmi dari Universitas Mulawarman, mohon dikirimkan undangan beserta leaflet karena saya berminat untuk ikut pelatiha ini. Terima kasih.

  5. Selamat siang..saya Ermeisi dari STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Kami berminat untuk mengikuti pelatihan untuk pengelolaan OJS di bln mei 2017. bisakah dikirimkan undangannya ke email kami.. meisiunja10@gmail.com . terimkasih sblumnya.

    1. Baik pak, mohon diinfokan surat undangan ditujukan kepada siapa? Pimpinan instansi mana? Thanks

  6. Assalamu ‘alaikum… Pengelola yang terhormat, kami dari UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari berniat untuk mengikuti pelatihan Batch 16 (9-10 Mei 2017) untuk paket 1 dan 2 (masing-masing 1 peserta/paket). Mohon dikirimkan undangan resmi ke email: upbiainkendari@gmail.com. Terima kasih.

  7. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kami dari Pengelola Jurnal Agrium Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, berminat untuk mengikuti pelatihan tersebut, mohon untuk dapat diemailkan ke Baidawi_umfp@yahoo.com atau agrium.unimal.ac.id terkait undangan dan pelaksanaan pelatihan tersebut.
    terimakasih
    wassalamualaikum, wr. wb

  8. Assalamualaikum wr wb,
    Saya berminat dan berniat mengikuti Training OJS paket 1, mohon bantuannya untuk mengirimkan undangan resmi nya ke : Program Studi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum UNDIP Jl. Imam Bardjo, SH No.1 Pleburan Semarang a.n Pengelola Jurnal MIH R.Radityo sebagai dasar pengajuan dana Trainingnya, Terima Kasih dan saya tunggu konfirmasinya

    1. Belajar langsung saja dengan Saya (Istadi), Pak didik atau mas Wahyu Pak Radityo, karena khusus untuk Undip. Free of charge

  9. Saya berminat untuk mengikuti training. Mohon di email undangan resmi ke email saya di tujukan ke saya Pengelola/Journal Manager JBHOST dibawah instansi Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI)
    Saya perlu surat undangan resmi untuk pengajuan dana.
    Oya, jika nanti saya transfer untuk batch 15, namun ternyata full atau saya berhalangan hadir, bolehkan saya tetap mengikuti batch selanjutnya? Mohon kebijakannya karena tempat kami sangat jauh di Bali.
    Terima kasih

  10. HAlo, apakah masih bisa mendaftar untuk batch 15 (februari 2017) paket 1 dan 2 untuk 6 orang ??
    jika masih mohon untuk dapat diemailkan undangannya…
    Terimakasih

    1. Untuk mengetahui masih berapa kursi yang kosong di Batch 15 atau apakah sudah penuh silakan lihat update di website:
      http://training.bcrec.web.id/2017/01/update-pendaftaran-peserta-training-batch-15-28-februari-1-maret-2017/

      Namun demikian, perlu diinformasikan bahwa urutan prioritas keikutsertaan training Batch 15 adalah berdasarkan urutan tanggal konfirmasi keikutsertaan atau pembayaran invoice. Jumlah seat/kursi per batch per paket adalah maksimum 20 Peserta.

      Thanks

  11. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kami dari Universitas Nahdlatul Ulama’ Blitar, sebagai universitas baru dan sedang fokus untuk mengelola jurnal ilmiah berminat untuk mengikuti pelatihan tersebut, mohon untuk surat terkait undangan dan pelaksanaan pelatihan baik batch, paket 1 dan/atau paket diemailkan ke lp4m.unublitar@gmail.com cc: arzhi94@gmail.com bcc: pujiwianto41@gmail.com
    terimakasih
    wassalamualaikum, wr. wb

  12. Kalo belum tau cara instal ojs, apakah diajari cara instal ojs dalampaket 1, kami tertarik dengan paket 1 pak, mohon kirim undanganya untuk tahun 2017 makasi.

      1. untuk pengisian form p-ISSN dan e-ISSN diisi apa pak? karena termasuk form yang bertanda bintang (harus diisi)

    1. Batch 14 (November 2016) adalah batch terakhir tahun 2016.
      Silakan ikut batch berikutnya di Tahun 2017.
      Thanks

  13. Yth. Bapak Istadi mohon dapat dikirimkan undangan pelatihan paket I untuk tanggal 15-16 November 2016. Kami tertarik dan berminat untuk mengikuti pelatihan paket I tersebut.

    Salam dan terima kasih

  14. salam. saya sudah daftar untuk bulan nopember, tapi kok saya belum dapat Invoice Pembayaran?
    mohon informasinya. terimakasi.

    Muhammad Hajarul Aswad A, dari IAIN Palopo

  15. Yth. Bapak Istadi mohon dapat dikirimkan undnagan pelatihan paket II untuk tanggal 15-16 November 2016 yang akan datang. Kami tertarik dan berminat untuk mengikuti pelatihan paket II tersebut.

    Salam dan terima kasih

  16. Pak Istadi kami bermaksud akan mengirim staf untuk mengiikuti training paket 2 untuk tgl 15-16 November yad. Mohon dikirim undangan pelatihan termaksud.

    Terima kasih

  17. Selamat Pagi Pak,
    Pak saya mau minta undangan untuk info trainning bath 13 dan 14. Tolong diemailkan karena kami berminat untuk mengikuti trainning ini. Terima kasih

  18. Assalammualaikum pak, mohon diemailkan surat undangan untuk pelatihan pada bulan November 2016 pak.. Terima Kasih

  19. Aslkm, Pak istadi kalau kami berombongan sekitar 7 s.d 10 orang cara pendaftaran dan pembayarannya secara kolektif saja atau satu persatu?Matursuwun atas jawabannya

  20. Saya berminat untuk mengikuti training bulan September atau November…? mana yang masih kosong…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*